Nama : Hardianto Adi
No. UKG : 201698545039
LPTK : Universitas Negeri Malang
Peserta PPG Guru Tertentu Tahap 3 Tahun 2024
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII (Delapan)/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2024/2025
Jenjang : SMP
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Fase : D
Pertemuan : Ke - 3
Sub topik : Organ Pencernaan dan Fungsinya
Tahap 1 : Identifikasi Hasil yang Diinginkan
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menyebutkan organ pencernaan.
Pemahaman Utama
- Peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ pencernaan.
- Sistem pencernaan pada manusia berfungsi untuk memproses kandungan bahan makanan untuk menghasilkan energi.
Pertanyaan Esensial
- Proses pencernaan kimiawi dan mekanik dengan dapat membantu fungsi organ pencernaan pada manusia.
Tahap 2 : Tentukan Bukti yang Diterima
- Bagian tubuh mana yang bekerja mengolah manakan dan minuman yang kita Konsumsi dan mengubahnya jadi penergi?
- Kira-kira tiap organ pencernaan itu fungsimya sama atau tidak ?
Asesmen Formatif
Kuis singkat tentang sistem pencernaan pada manusia.
Asesmen Sumatif
- Proyek poster tentang organ pencernaan dan fungsinya.
- Presentasi tentang poster yang telah dibuat.
- Refleksi tentang fungsi organ pencernaan pada manusia.
Tahap 3 : Rencanakan Pengalaman Pembelajaran dan Instruksi
Aktivitas Pembelajaran
- Diskusi kelompok tentang sistem organ pencernaan pada manusia.
- Membahas tentang organ dan fungsi sistem pencernaan pada manusia.
Langkah - Langkah
- Pada saat pembukaan Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil (5-6 siswa perkelompok).
- Pembagian tugas, yaitu setiap kelompok mendapatkan satu sistem organ pencernaan untuk didiskusikan.
- Diskusi, Setiap kelompok mendiskusikan tentang nama organ dan fungsi dari organ-organ sistem pencernaan serta kontribusi terhadap kesehatan tubuh.
- Presentasi singkat setiap kelompok (5 - 10 menit) tentang fungsi organ pencernaan dan menyampaikan hasil diskusi kelompok didepan kelas
- Refleksi Guru memfasilitasi sesi tanya jawab dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
- Alokasi waktu 60 menit.
- Membantu peserta didik untuk mengingat info yang lebih menarik.
- Dapat menjadi hasil proyek kelompok yang memfasilitasi pembelajaran kolaboratif.
- Peserta didik membuat poster tentang fungsi organ pencernaan pada manusia secara berkelompok.
- Hasil poster dipresentasikan didepan kelas.
Kesimpulan
Kegiatan Pembelajaran berdasarkan prinsip UbD guru dapat menciptakan pengelaman belajar yang lebih bermakna berfokus pada pemahaman mendalam.
Media Pembelajaran yang Digunakan
Poster
Alasan pemilihan media :
Implementasi
Poster
Asesmen (Gform)
Kuis Singkat Tentang Sistem Pencernaan
Umpan Balik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar