Minggu, 29 September 2024

Aksi Nyata: Merancang Kegiatan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

Nama            : Hardianto Adi
No. UKG      : 201698545039
LPTK            : Universitas Negeri Malang
Peserta PPG Guru Tertentu Tahap 3 Tahun 2024
Mata Pelajaran             : IPA
Kelas/Semester            : VIII (Delapan)/Ganjil
Tahun Pelajaran           : 2024/2025
Jenjang                        : SMP
Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit 
Fase                             D
Pertemuan                   : Ke - 3
Sub topik                     : Organ Pencernaan dan Fungsinya
Tahap 1 : Identifikasi Hasil yang Diinginkan
Tujuan Pembelajaran
  • Peserta didik dapat menyebutkan organ pencernaan.
  • Peserta didik dapat menjelaskan fungsi organ pencernaan.
Pemahaman Utama
  • Sistem pencernaan pada manusia berfungsi untuk memproses kandungan bahan makanan untuk menghasilkan energi.
  • Proses pencernaan kimiawi dan mekanik dengan dapat membantu fungsi organ pencernaan pada manusia.
Pertanyaan Esensial
  • Bagian tubuh mana yang bekerja mengolah manakan dan minuman yang kita Konsumsi dan mengubahnya jadi penergi?
  • Kira-kira tiap organ pencernaan itu fungsimya sama atau tidak ?
Tahap  2 : Tentukan Bukti yang Diterima

Asesmen Formatif
Kuis singkat tentang sistem pencernaan pada manusia.
Asesmen Sumatif 

  •  Proyek poster tentang organ pencernaan dan fungsinya.
  • Presentasi tentang poster yang telah dibuat.
  • Refleksi tentang fungsi organ pencernaan pada manusia.
  • Tahap 3 : Rencanakan Pengalaman Pembelajaran dan Instruksi

    Aktivitas Pembelajaran 

  1. Diskusi kelompok tentang sistem organ pencernaan pada manusia.
  2.  Membahas tentang organ dan fungsi sistem pencernaan pada manusia.
  3. Langkah - Langkah

  • Pada saat pembukaan Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil (5-6 siswa perkelompok).
  • Pembagian tugas, yaitu setiap kelompok mendapatkan satu sistem organ pencernaan untuk didiskusikan.
  • Diskusi, Setiap kelompok mendiskusikan tentang nama organ dan fungsi dari organ-organ sistem pencernaan serta kontribusi terhadap kesehatan tubuh.
  • Presentasi singkat setiap kelompok (5 - 10 menit) tentang fungsi organ pencernaan dan menyampaikan hasil diskusi kelompok didepan kelas
  • Refleksi Guru memfasilitasi sesi tanya jawab dan memberikan klarifikasi jika diperlukan.
  • Alokasi waktu 60 menit.
  • Kesimpulan

    Kegiatan Pembelajaran berdasarkan prinsip UbD guru dapat menciptakan pengelaman belajar yang lebih bermakna berfokus pada pemahaman mendalam. 

    Media Pembelajaran yang Digunakan

    Poster

    Alasan pemilihan media :

  • Membantu peserta didik untuk mengingat info yang lebih menarik.
  • Dapat menjadi hasil proyek kelompok yang memfasilitasi pembelajaran kolaboratif. 
  • Implementasi

  • Peserta didik membuat poster tentang fungsi organ pencernaan pada manusia secara berkelompok.
  • Hasil poster dipresentasikan didepan kelas. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata: Bagaimana UbD Membantu Guru?

     Nama           : Hardianto Adi No. UKG        :  201698545039 LPTK            : Universitas Negeri Malang Peserta PPG Guru Tertentu Tah...